Ranking

rating

Minggu, 05 Juni 2011

ANTENA GSM 3,5G

Bagi teman2 yang mungkin kesulitan signal gsm dalam wilayah kamu, ini ada alternatif menggunakan antena external.
dan keseluruhan metode yang saya tulis dan saya share ini udah saya uji coba dan hasilnya cukup memuaskan,
ada 2 model antena yang saya terapkan di sini

1)Antena yagi
2)Antena wajan bolig

Sekarang kita bahas yang pertama dulu, untuk antena yagi yang kita buat,
pertama yang harus di persiapkan adalah

1)boom
2)alumunim/kuningan/gantungan baju/hanger
3)kabel antena tv yg 75 ohm secukupnya
4)pcb polos

pertama lihatlah gambar digram berikut ini dan ikuti
semua petunjuk dan ukuran yang telah ada

sekarang perhatikan secara seksama gambar di atas, semua ukuran di hitung pake milimeter bukan centimeter. entar kepanjangan antenanya

REF= REFLEKTOR = 81,6 mm
DIP = INNER =78,8 mm (itu di potong jadi 2 bagian untuk + dan - nya)
untuk selanjutnya ikuti gambar aja ya...



yang berikutnya adalah antena wajan bolig, tapi di sini saya tidak akan menerangkan tentang antena wajan bolig yang menggunakan type modem usb, tetapi saya akan membahas tentang membuat antena wajan bolig untuk hp aja.
prinsipnya sama kayak membuat antena di atas namun yang saya rubah hanya di bagian reflektornya aja yang di ganti sama wajan, supaya titik fokus signal gsm yang di terima oleh hp kita menjadi tambah maksimal
sekarang perhatikan gambar berikut ini

yang kita perhatikan betuk di atas adalah antena wajan bolig untuk modem usb.
namun sekarang kita padukan sama antena yang di atas , jadi hasilnya nanti akan seperti gambar yang ada di bawah ini.
ingat untuk jarak dari reflektor ke inner atu sama dengan jarak titik fokus
ini hasilnya yang saya buat ,tapi sorry hasil fotonya kurang terang sebab diambil pada malam hari

dan untuk menghubungkan ke hpnya bisa menggunakan soket langsung ke hpnya dan bisa menggunakan pcb bias.
untuk gambar pcbnya seperti gambar di bawah ini.

untuk +nya di bagian pinggir dan untuk -nya di bagian tenggah


kalo mo lihat gambar pcbnya supaya lebih jelas bisa langsung di download
selamat mencoba
bagi yang ke sulitan silahkan comment jangan sungkan2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog